driver amd radeon™ software crimson terbaru

Panduan Download Driver AMD Radeon™ Software Crimson Terbaru

driver amd radeon™ software crimson terbaru
Bagi Anda pengguna kartu grafis Radeon™ pasti sudah mengetahui betul pentingnya penggunaan driver terbaru untuk dapat memperoleh kinerja maksimal  sebuah kartu grafis. Selain berfungsi untuk membantu Operating System (OS) agar dapat mengenali perangkat yang Anda gunakan, penggunaan driver terbaru juga mampu memberikan perbaikan bugs, peningkatan performa dan penambahan fitur lainnya yang mungkin akan Anda butuhkan di masa mendatang.

AMD Radeon Crimson Setting

Saat ini telah hadir driver terbaru dengan aplikasi Radeon™ Software Crimson yang miliki performa 10x lebih cepat dibanding driver AMD Catalyst versi sebelumnya, siap digunakan langsung pada OS terbaru Windows 10 dengan antarmuka lebih sederhana. Anda akan mendapatkan banyak keuntungan jika menggunakan driver terbaru ini mulai dari peningkatan performa gaming pada game terbaru berbasis DirectX® 12, dukungan Virtual Reality pada perangkat VR terkini seperti HTC Vive atau Oculus Rift, ditambah dengan adanya fitur-fitur inovatif seperti Frame Rate Target Control (FRTC), AMD FreeSync dengan Low Framerate Compensation dan bahkan Virtual Super Resolution (VSR). Dengan hadirnya beragam peningkatan serta fitur terbaru, instalasi driver Radeon™ Software Crimson Edition  tentunya merupakan solusi terbaik yang bisa dilakukan oleh pengguna kartu grafis Radeon™ diskrit maupun pengguna prosessor AMD APU dengan grafis Radeon™ terintegrasi yang mengidamkan performa maksimal dari PC atau notebook mereka.

AMD Radeon Crimson Setting

Driver Radeon™ Software Crimson Terbaru Membawa Beragam Peningkatan & Penambahan Fitur yang Diperlukan oleh Pengguna Radeon™

Lalu bagaimana cara mengunduh driver Radeon™ Software Crimson terbaru dari AMD ini? Mari simak tutorial mudahnya secara lengkap pada pembahasan berikut!

1. Langkah pertama kunjungi halaman berikut http://support.amd.com/en-us/download. Pada halaman tersebut Anda akan melihat tampilan seperti di bawah ini.
AMD Radeon Crimson Setting2. Untuk memudahkan pengguna, AMD memberikan 2 macam cara untuk mengunduh driver.
a. Download dan Install Otomatis

AMD Radeon Crimson SettingOpsi pertama ini sangat disarankan untuk pemula yang belum mengetahui spesifikasi grafis Radeon™ yang digunakannya secara tepat. Dengan menekan tombol Download Now sistem Anda secara otomatis akan mengunduh software kecil yang akan langsung mendeteksi jenis driver yang sesuai dengan perangkat grafis yang terpasang di sistem Anda.

b. Download dan Install Manual

Jika PC atau notebook Anda sedang tidak berada bersama Anda atau di rumah sedang mengalami masalah koneksi internet, kemudian Anda ingin mengunduh driver melalui perangkat lain di kantor atau iCafe terdekat, Anda bisa melakukannya secara manual melalui opsi ini. Namun mungkin diperlukan pemahaman lebih mengenai spesifikasi grafis Radeon™ atau APU yang Anda gunakan untuk dapat menemukan jenis driver yang tepat.

AMD Radeon Crimson Setting

Anda harus melalui beberapa step berikut jika memilih opsi kedua ini diantaranya:

Step 1: Pilih Tipe Produk

Langkah pertama meminta Anda untuk mengidentifikasi tipe dari produk grafis yang Anda gunakan dimana terdiri dari beberapa pilihan sebagai berikut:

  • APU (Accelerated Processors): Pilih tipe ini apabila perangkat yang Anda gunakan adalah notebook mobile, workstation atau PC Desktop yang menggunakan prosessor berbasis AMD APU (A series/E series/FX series) dengan grafis Radeon™
  • Desktop Graphics: Pilih tipe ini apabila perangkat  yang Anda gunakan adalah PC Desktop yang memakai kartu grafis Radeon™ diskrit misalnya AMD Radeon™ HD Series/Radeon™ R Series.
  • Notebook Graphics: Pilih tipe ini apabila perangkat  yang Anda gunakan adalah notebook yang memiliki kartu grafis Radeon™ diskrit misalnya AMD Mobility Radeon™ HD Series/Radeon™ R Series.
  • TV Tuner Products: Pilih tipe ini jika Anda menggunakan TV Tuner yang pernah dibuat oleh AMD/ATI, seperti AMD TV Wonder™ 750 Series.
  • Workstation Graphics: Pilih tipe ini jika Anda menggunakan kartu grafis yang biasa digunakan untuk kebutuhan grafis professional seperti AMD FirePro™ Series.
  • Integrated Motherboard Graphics: Pilih tipe ini jika Anda menggunakan grafis Radeon™ yang terintegrasi ke motherboard misalnya AMD Radeon™ HD4290 Series.
  • Embedded Graphics:  Pilih tipe ini apabila Anda ingin melakukan instalasi driver untuk aplikasi embedded yang miliki perangkat grafis berperforma tinggi. Contohnya adalah prosessor grafis AMD 785E dan 780E.
  • MAC Graphics:Pilih tipe ini untuk Anda yang menggunakan perangkat berbasis Mac, di sini driver Apple Boot Camp sudah disediakan.

Step 2: Pilih Product Family

Langkah kedua meminta Anda untuk mengidentifikasi product family dari grafis yang Anda gunakan. Pada contoh gambar di atas, jika Anda menggunakan tipe Desktop Graphics Radeon™ R9 Fury X, maka untuk “Product Family” dari grafis tersebut sudah pasti termasuk dalam keluarga Radeon™ R9 Series.

Step 3: Pilih Produk

Langkah ketiga meminta Anda untuk mengidentifikasi produk grafis yang Anda gunakan. Pada contoh gambar di atas, jika Anda menggunakan grafis Desktop Radeon™ R9 Fury X, maka sudah pasti Anda memilih Radeon™ R9 Fury Series.

Step 4: Pilih OS

Langkah keempat meminta Anda untuk mengidentifikasi jenis Operating Sytem (OS) yang digunakan pada PC Desktop atau notebook Anda. Pada contoh gambar di atas menggunakan Windows 10 64-Bit. Namun tersedia beberapa pilihan lainnya selain Windows seperti Linux dan juga Mac OSX.

Step 5: Tunjukkan Hasil

Dengan klik pada tombol “Display Results” atau tunjukkan hasil, maka akan muncul hasil pencarian driver yang sesuai dengan pilihan yang telah Anda lakukan pada step-step sebelumnya. Berikut contoh tampilan halamannya.

AMD Radeon Crimson Setting

Pada halaman tersebut, tepatnya pada tab Features, Anda bisa melihat ukuran file termasuk versi paling baru dari driver yang bisa diunduh saat ini.  Anda bisa mengunduh driver dengan klik tombol “Download” dan tunggu hingga proses selesai. Untuk proses instalasi driver akan kami bahas pada artikel terpisah.

Driver Radeon™ Software Crimson Edition untuk Kartu Grafis/Prosessor AMD APU Lawas

Radeon™ Software Crimson Edition sebenarnya hanya kompatibel dengan produk grafis Radeon™ berbasis Arsitektur GCN terbaru yang di mulai dari:

  • AMD Radeon™ HD 7700-HD 7900 Series sampai Radeon™ Pro Duo untuk produk grafis Desktop,

AMD Desktop Product Family Compatibility

  • AMD Radeon™ HD 8180 – HD 8400 Series hingga A-Series APU dengan grafis Radeon™ R3, R4, R5, R6, R7, atau R8 untuk produk APU Mobile/Notebook,
  • AMD Sempron™ APU dengan grafis Radeon™ R3 hingga A-Series APU dengan grafis Radeon™ R4, R5, R6, or R7 untuk APU Desktop,

AMD APU Product Family Compatibility

  • AMD Radeon™ HD 7700MHD 7900M Series hingga AMD Radeon™ R9 M300 Series untuk grafis diskrit Mobile/Notebook.

AMD Mobility Product Family Compatibility

Sedangkan untuk Anda yang menggunakan tipe grafis Radeon™ lawas selain seri yang disebutkan di atas, seperti misalnya Radeon™ HD 5000 Series atau Radeon™ HD 6000 Series masuk dalam mode status “legacy” yang tidak lagi mendapatkan update driver terbaru di masa yang akan datang. Namun, untuk memberikan pengalaman terbaik bagi semua pengguna Radeon™, kini Radeon™ Software Crimson juga bisa dinikmati pada produk grafis Radeon™ lawas melalui hadirnya satu versi Radeon™ Software Crimson Edition khusus versi Non GCN 16.2.1 Beta. Anda bisa mengetahui kompatibilitas dari driver khusus ini pada perangkat Anda dengan melihat release notes di link berikut.

 AMD Radeon Crimson Setting

Download Driver Tambahan untuk Chipset Motherboard AMD

Selain melakukan instalasi driver untuk grafis Radeon™ Anda, pengguna produk AMD sangat disarankan untuk mendownload driver lainnya yang disebut AMD Chipset Driver. Hal ini dikarenakan driver ini memungkinkan Operating System (OS) agar dapat mengenali dan mengatur fungsi seluruh komponen yang terhubung ke motherboard baik itu prosessor, grafis, atau perangkat lain seperti mouse atau flashdisk agar dapat bekerja secara optimal. Untuk mengunduhnya, Anda hanya perlu menekan tab Optional Downloads pada halaman hasil pencarian driver dan klik tombol Download. 

AMD Chipset Driver

Temukan panduan lanjutan mengenai driver AMD Catalyst pada artikel berikut:

142 comments

  1. Presario CQ43-410AU AMD E450 with Radeon HD6320
    Reply

    thanks min, sangat membantu untuk pengguna laptop amd tua seperti saya

    • Admin
      Author Reply

      Hi Syanda, untuk memaksimalkan performance laptop bisa di lakukan dengan cara Klik kanan pada Desktop, pilih Radeon Settings, ke tab Preference, pilih Radeon Additional Settings, ke tab Power dan di set ke Maximize Performance. 😀

  2. min kenapa pada saat menginstall amd radeon crimson beta 16.2.1 ini layar laptop menjadi hitam gan ? padahal support gan amd saya HD6730M, win 10. Apakah perlu menguninstall driver yang lama terlebih dahulu ? Trims sebelumnya

  3. Kelvin Octaviano
    Reply

    Hi Admin AMD kemarin sempat saya upgrade AMD catalyst ke AMD crimson Vers Terbaru tetapi resolusi saya tiba2 berubah dan saya coba setting kmbali ke resolusi awal 1920×1080, tetapi layarnya agak ke atas sehingga tidak pass, awal2nya tidak ada masalah ini sama sekali. apakah itu karena AMD Crimson ?? atau Motherboard sya yang masalah ? mohon infonya thanks

    • Admin
      Author Reply

      Hi Hendi, coba kamu cek ke Device Manager dan bagian Display, apakah sudah muncul Radeon, jika tidak klik kanan update sampai dia berubah menjadi Radeon Graphics 😀 Pastikan juga untuk memaksimalkan performance laptop bisa di lakukan dengan cara Klik kanan pada Desktop, pilih Radeon Settings, ke tab Preference, pilih Radeon Additional Settings, ke tab Power dan di set ke Maximize Performance. 😀

  4. Khabanz
    Reply

    Min,masalah nya sama yg diatas terkadang windows stop working.sdh 3 kali uninstal,download,instal..
    Pake tutorial dr mimin jg.Apa mmg harus pakai driver bawaan nya sj?

  5. permisi admin yang bertugas, laptop saya Acer aspire E5 553G amd FX series crossfire tapi yang kebaca kok cuman APU nya saja sementara GPU nya tidak terbaca, dan di radeon setting additional settings tidak tersedia penggunaan APU / APU+GPU, Ty

  6. Ivan Justine
    Reply

    min mau nanya dong, setelah saya update pas di cek di dxdiag kenapa bagian render ada note isinya
    “The file aticfx64,aticfx64,aticfx64,aticfx32,aticfx32,aticfx32,atiumd64,atidxx64,atidxx64,atiumdag,atidxx32,atidxx32,atiumdva,atiumd6a,atitmm64 is not digitally signed, which means that it has not been tested by Microsoft’s Windows Hardware Quality Labs (WHQL). You may be able to get a WHQL logo’d driver from the hardware manufacturer.”
    mohon bantuanya min

    • Admin
      Author Reply

      Hai. Ini terjadi dikarenakan kamu mengunduh Driver versi Non WHQL yang membuat DXDIAG memunculkan pesan seperti itu. Pesan diatas tidak berpengaruh kepada performa atau apapun. hanya pemberitahuan saja, karena kamu menggunakan driver non WHQL. AMD sudah menyediakan versi WHQL yang saat ini jatuh di versi 16.9.2 mimin lebih mensarankan untuk instal versi WHQL saja 🙂

  7. agung surya dinata
    Reply

    min yg baik hati, mau tanya soal view di crimson (lenovo g41-35) kok vga yg r5 512 ‘integrated’ malah primary, yg card r5 m430 2gb tertulis linked. jadi ketika saya cek di gpu z kebaca yg 512. cara switchnya gmn ya? makasih

    • Admin
      Author Reply

      Hai, Untuk Notebook yang kamu gunakan tidak support fitur Dual Graphics. jadi, untuk Radeon R5 akan menjadi grafis utama sedangkan R5 M430 menjadi grafis tambahan yang akan aktif hanya saat melakukan aktivitas seperti bermain game 🙂

  8. fahmi156
    Reply

    Min punya saya AMD Radeon R7 + R5 M230 Dual Graphics 2GB DDR3 VRAM,tapi buat pes 2016 VRAM nya 496 mb,dan shared nya 1,7 gb,buat maen masih nge lag min.itu gimana ya?thx

  9. Min , sebelumnya saya pakai AMD catalyst, disitu saya bisa memakai fitur dual graphic . semenjak saya ganti pakai AMD crimson kok gak ada fitur dual grafik nya ya ? mohon pencerahannya ..

    • Admin
      Author Reply

      Halo, untuk fitur Dual Graphics direkomendasikan memakai driver yang sudah disediakan oleh vendor Notebook di website
      resmi. mengingat sudah di test agar bisa berjalan dengan baik. 🙂

  10. HI , min ane make a8-6410 with radeon r5 ( laptop ) ga ada vga tambahan cuma apu aja ,udah make crimson versi 16.9.2 whql dan di update aman ga min? soalnya ada notif dan ane kemaren instal crimson non whql blackscreen :3 makasih

    • Admin
      Author Reply

      Halo, Admin lebih menyarankan untuk mendownload langsung dari situs AMD resmi saja. serta mendownload versi WHQL yang memang
      lebih minim bug daripada non WHQL yang masih BETA 🙂

  11. Andi
    Reply

    Min apakah driver amd crimson bisa dijalankan di windows 7?, apakah bisa meningkatkan kinerja laptop saat bermain pes. Saya menggunakan vga amd r5 tapi ngelag saat bermain pes. Hatur nuhun min terimakasih

    • Admin
      Author Reply

      Halo, AMD Crimson, support dengan Windows 7 64 bit, Windows 8.1 32/64 bit dan Windows 10 32/64 bit. mimin sarankan untuk
      upgrade ke driver Crimson. upgrade driver tentu bisa hadirkan performa lebih baik. Mimin sarankan untuk mencobanya terlebih
      dahulu 🙂

  12. David Lie
    Reply

    min saya sudah uninstall driver lama pakai panduan nya min, trus saya download dan install otomatis. uda ke download dan pas install di 89% malah not installed uda 3x min mohon pencerahan
    asus X550ze-xx065d

  13. Min ,min ,min… saya baru pakai amd fx 7600p, yg pake vga r7+r5…
    Driver nya udah pke crimson, tp ga ada settingan dual vga untuk game y ??? Klo sya ganti ke catalyst settingan dual vga nya bakal ada g y ???
    Coz setting pes high buat pes patah2

    • Admin
      Author Reply

      Hi ardian. Mimin sarankan untuk menginstal driver dari vendor website Notebook. mengingat sudah di test untuk bisa berjalan di dual graphich dengan baik.

  14. Rijas
    Reply

    Min, saya pakai laptop amd A8-4500m dengan amd hd 8750m win 10, 8gb ram, rencana mau update driver ke crimson, tapi bingung, jadi pake autodetect, eh malah catalyst bkan crimson? Bgimana ini min?

    • Admin
      Author Reply

      Hi Rijas. Kemungkinan, autodetect salah mendeteksi dari driver yang dipakai. mimin sarankan untuk memakai cara manual.
      apabila ada kesulitan memakai cara manual, jangan sungkan untuk tanya kembali 🙂

  15. alfauzan
    Reply

    gan mau nanya dong,ane kan update driver,di laptop ane asus x555DG kan ada stikernya R8 M350DX nah pas di cirmson kenapa kebacanya R7 grapichs sama R5 M330 ya gan?

  16. joko
    Reply

    Min mau tanya.kok di crimson 16.9.2 g muncul menu switchable dual graphics kayak di menu catalyst y? emang gitu ato aku salah install?

    • Admin
      Author Reply

      Hai. Untuk menu Switchable Graphics di AMD Radeon Software Crimson, telah berpindah di menu “Radeon Additional Setting” kamu bisa lihat tutorialnya di video yang sudah dijelaskan komunitas berikut :


  17. adit pradita
    Reply

    Min mau tanya driver amd radeon r4 apakah bisa di update ke yg lebih tinggi? Dan caranya seperti apa saya bingung milih downlotnya?

    • Admin
      Author Reply

      Hai untuk driver bisa memakai driver terbaru. Apabila kamu bermasalah dengan tatacara, kamu bisa mencoba untuk memilih opsi autodetect yang memilih automatis driver yang cocok 🙂

  18. Agil
    Reply

    Min mau nanya. Setiap mau update AMD autodettect “can’t connect to AMD web service. Please check your internet connection, then try again”. Padahal koneksi internet normal dan setabil. Mohon pencerahannya.

  19. permisi min,,
    mau tanya saya pengguna hp p230ax r5 + r7 340
    apakah suport untuk fitur dual graphic?
    soalnya di pengaturan additional radeon setting tidak muncul menu gaming dan dual graphic
    dan juga tidak ada menu untuk mengatur fps dan overdrive/overclock
    terima kasih

    • Admin
      Author Reply

      Hai, Menurut info yang mimin ketahui. Untuk Notebook tersebut sudah support dengan fitur AMD Dual Graphics. Namun, untuk menu Dual Graphics. biasanya hanya hadir di driver yang sudah di sediakan oleh website vendor Notebook. coba download dan instal kembali. Untuk Overclock, Notebook ini tidak mendukungnya 🙂

  20. Min mau nanya dong laptop saya lenovo g40-70 intel core i3 ram 2gb dual vga intel hd graphic Sama amd radeon r5 m230 setiap main pes kok yg kedeteknya yg intel ya ? Supaya kedeteknya yg amd gimana ya caranya ?

    • Admin
      Author Reply

      Hai, Kemungkinan ini dikarenakan masalah dari fitur AMD Enduro/Swictable Graphics. untuk solusi, Mimin sarankan untuk mencoba apa yang dijelaskan di tutorial yang di buat oleh komunitas disini :


  21. Akbar
    Reply

    Min
    saya mau tanya,laptp saya HP-Pavilion 15 p229ax
    kan saya baru upgrade ke crimson
    yang kebaca cuman HD 8610G,R7 nya engga
    habis diinstall,resolusi layarnya jadi kayak 1080×640
    lalu pas saya buka AMD radeon setting ada bacaan gini
    ” no AMD graphics driver is intalled,or the AMD driver is not functioning properly.Please install the AMD driver appropriate for your AMD hardware”

    mohon bantuannya min
    terimakasih

    • Admin
      Author Reply

      Hai, Menurut apa yang sudah mimin baca dari penjelasan kamu. Kemungkinan ini dikarenakan grafis terintregrasi (HD 8610G) yang kamu gunakan tidak disupport oleh driver AMD Radeon Software Crimson. Mimin sarankan kamu untuk menginstal kembali driver AMD Catalyst sebelumnya kembali. dengan menghapus terlebih dahulu driver yang ada sekarang 🙂

  22. Sandy JP
    Reply

    min kalo laptop hp pav15, proc AMD APU A10-5745M, Dual Graphics 8610g + R7 M206. apakah spek tersebut cocok dengan driver AMD Radeon Crimson?

  23. Hambali
    Reply

    Min, laptop sy acer e5-552g quad-core amd a10-8700p, dual graphics r6 sama r8 m365dx ram 4GB ddr3l. Yang mau saya tanyakan di laptop sy sudah terpasang amd catalyst, apakah amd crimson wajib untuk di insall? Yang kedua cara mengaktifkan turbo core gmna ya? Apakah harus masuk ke bios dulu atau tidak? Soalnya pernah liat di youtube cara aktivasinya pake power option – lalu pilih opsi yg high performance tp kcptn proc cmn naik sedikit. Itu dulu min pertanyaannya, maaf kebanyakan nanya, soalnya masih awam sama amd hhe. Sblmnya mksh min

    • Admin
      Author Reply

      Hai Hambali, untuk Driver mimin sarankan untuk mencek terlebih dahulu ke situs ACER apakah disana tersedia Crimson atau tidak (Crimson sendiri dimulai dengan versi 16.xx). mengingat, untuk Notebook Dual Graphics direkomendasikan memakai driver dari vendor yang sudah di test. Untuk fitur AMD Turbo Core akan otomatis aktif. Clock Turbo Core yang ada, hanya akan aktif saat kamu masuk dalam posisi penggunaan heavy task (seperti browsing dengan beberapa tab sekaligus) serta grafis terintregrasi yang ada di APU dalam kondisi idle. serta, Turbo Core hanya akan aktif saat suhu Notebook memungkinkan. 🙂

  24. min, laptop sy asus X454YI, RAM 4gb, CUADCORE.
    pas main PES 2016 GPU nya GOOD tp vramnya jd 512mb, pdhl spek laptopx vga radion 5 vram 2gb. kira2 masalahx dimana min? mohon pencerahannya

    • Admin
      Author Reply

      Hai. Kemungkinan ini dikarenakan game tersebut memiliki masalah dengan fitur AMD Enduro. untuk agar aplikasi yang kamu gunakan bisa memanfaatkan grafis diskrit, kamu bisa atur ke mode “High-Performance” kamu bisa mengikuti tutorial yang dijelaskan komunitas disini :


  25. Fiqih Husain
    Reply

    Min tolong infonya setelah saya install driver amd radeon crimson terbaru untuk notebook HD 8670M, saat buka amd raddeon settings muncul box dialog no amd graphic is installed. Tolong bantuannya

  26. min driver amd terbaru untuk ACER E1-451G dengan processor A8-4500M with AMD Radeon HD 8750 yang mana yah downloadnya soalnya waktu itu pernah download tapi malah jadi gak kebaca dan sering error, saya pas OS win10, terima kasih

    • Admin
      Author Reply

      Hi Yovi, sebaiknya Mimin sarankan untuk memilih “Manually Select Your Driver” dan pilih “Notebook Graphics”. Setelah itu, kamu sesuaikan dengan type kartu grafis diskrit serta OS yang kamu pakai. 🙂

  27. wahyu treewibowo
    Reply

    min…saya sudah instal amd catalys dan crimson, tapi kena selalu muncul “cant start because api-mi-win-crt-runtime-l1-1-0.dll” saya sudah download di google pun masih tetap muncul, saya menggunakan asus k45dr

    • Admin
      Author Reply

      Hi Syamsul, perlu mimin beritahukan untuk Notebook yang kamu gunakan, tidak mendukung driver AMD Radeon Software Crimson terbaru, dimana hanya support hingga driver AMD Catalyst saja 🙂

  28. Admin
    Author Reply

    Hi Bright, perlu mimin beritahukan terdapat 2 versi ada yang versi standar yang biasa digunakan yakni hadir dengan sekitar 300MB serta minimal setup dengan ukuran sekitar 100MB namun saat instalasi akan menggunakan koneksi Internet untuk unduh data tambahan, mimin rekomendasikan menggunakan versi yang standar 🙂

    • Admin
      Author Reply

      Hi Yandi, perlu mimin beritahukan untuk tampilan yang ada sewaktu-waktu bisa berubah, walaupun begitu decara garis besar kurang lebih sama dengan yang sebelumnya 🙂

  29. marsel
    Reply

    min, laptop saya lenovo g41-35. kmren sya maen gta v tpi yg ke detect kok 512mb yah? pdhl harusnya 2gb, dan saya sdh setting ke high perfomance, tetapi belum berpengaruh

  30. bagas haryo sakti
    Reply

    min laptop saya lenovo v310-80t2, processor intel core i5-7200u, vga saya intel hd 620 dan amd radeon m430. saya udah install AMD crimson edisi 16.5. nah ketika saya buka, yang muncul di menu AMD crimson nya cuma GAME dan SYSTEM tidak ada menu yang lain (VIDEO, DISPLAY). di bagian menu systemnya tulisannya amd radeon r5 m430 linked. mohon jawaban dan penjelasannya min.

  31. Admin
    Author Reply

    Hi Bagas, perlu mimin beritahukan untuk driver terbaru terdapat perubahan dimana sebagian fitur yang ada di Radeon Additional Setting berpindah ke menu utama Radeon Setting 🙂

  32. L Refualu
    Reply

    min laptop saya asus x555da dengan processor AMD A10-8700P RADEON R6, pas mau cari dengan cara manual kok gk ada ya yg Radeon R6, yg ada cuman R5, R7, R8 dan R9. mohon penjelasannya

  33. min laptop saya asus x555da dengan processor AMD A10-8700P RADEON R6, pas mau cari dengan cara manual kok gk ada ya yg Radeon R6, yg ada cuman R5, R7, dan R9. mohon penjelasannya

    • Admin
      Author Reply

      Hi Lucky, pada langkah pertama pilih APU, langkah ke dua pilih Mobile APU kemudian pada langkah ketiga akan muncul pilihan Radeon R6.

Leave a Reply